• Makam Habib Muhsin Bin Abdullah Bilfaqih


    alhikam-indonesia.org | Lokasi Makam alm. Habib Muhsin Bin Abdullah Bilfaqih terletak di Jl. Cendrawasih Lingkungan 1, Kompleks Masjid Al Jufri, kel. Malendeng Kec. Paaldua Kota Manado. Lokasi pemakaman khusus jamaah Muslim ini juga bersebelahan dengan pekuburan saudara Kristen yang menjadi warga di sekitar. 

    Sejak bersemayam pada 01 Maret 2020, Makam beliau selalu dikunjungi jamaah, utamanya pada momen bulan maupun hari-hari khusus dalam Islam, seperti Bulan Ramadhan, Hari Raya hingga pergantian tahun Hijriah. Makam beliau mendapat restu dari pengelola kubur dan jamaah sekitar untuk dibangun dengan ukuran lebih besar dari makam lainnya. 


    Warga sekitar menghormati ketokohan almarhum yang memiliki banyak pengikut dan berperan penting dalam dakwah Islam yang humanis di Kota Manado dan sekitarnya. Hal inilah yang kemudian Makam beliau pun dijadikan wisata religi sebagai tempat ziarah bagi seluruh elemen masyarakat.
     
    Menurut Ketua Pengelola Kubur, Hi. Mahmud Turuist, salah satu kebanggan jamaah sekitar adalah mereka memiliki tokoh muslim yang dihormati semua kalangan. Sehingga, keberadaan makam almarhum di lokasi tersebut menjadi simbol bahwa daerah sekitar kaya dengan figur-figur kharismatik, baik yang masih hidup maupun sudah wafat. 

    "Habib Muhsin tokoh semua golongan. Makam beliau di lokasi kuburan yang ada juga wujud kebanggan Kita semua. Kami senang bila banyak yang ziarah di kuburan tersebut." Ungkap ketua Syarikat Islam Sulawesi Utara tersebut. 
     
    Bagi warga yang ingin berziarah, saat ini Makam beliau sedang direnovasi agar bisa dikunjungi untuk banyak orang. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah Swt. (adm)
  • You might also like

    Tidak ada komentar: